faktor-penyebab-ngompol
Tuesday, 3 March 2015

4 Faktor Penyebab Mengompol Pada Anak

Yuke Veliyanti, S.Psi

Bersumber dari buku Memahami dan Mengatasi Masalah anak, disebutkan ada beberapa faktor penyebab mengompol pada anak:

  1. Beberapa anak-anak berkembang lebih lambat. Kemampuan mengendalikan kandung kemih melibatkan jalur-jalur saraf yang rumit antar otak dan kandung kemih. Jalur-jalur saraf itu cenderung berkembang sempurna pada akhir tahun ketiga kehidupannya. Akan tetapi, pada sebagian anak itu memerlukan waktu lebih lama.
  2. Pada anak yang lain, bila mengalami tekanan pada saat belajar mengendalikan kandung kemih proses belajarnya bisa terganggu. Ini seperti yang terjadi pada orang dewasa yang adakalanya tidak dapat mempelajari sesuatu karena sedang merasa cemas memikirkan sesuatu yang lain
  3. Suatu kelompok anak lain berhasil mengembangkan dengan memuaskan kemampuan mengendalikan kandung kemih pada malam hari, tetapi kemudian kehilangan kemampuan itu. Mereka kembali mengompol, baik kadang-kadang ataupun teratur. Mereka yang mengompol satu dua kali biasanya di sebabkan oleh kecemasan yang tiba-tiba datangnya, misalnya mulai masuk sekolah atau kejadian yang penting lainnya. Anak yang kemudian ngompol secara teratur kembali setelah berhasil mengendalikan dirinya sering disebut mundur (regressed). Lebih sering perilaku ini disebabkan oleh suatu tekanan hebat dalam hidupnya. Ini mungkin berhubungan dengan sekolah ataupun keluarga.
  4. Meskipun sangat jarang ada anak yang menompol disebabkan oleh gangguan fisik tertentu, seperti infeksi saluran kencing. Hampir selalu, bila ada alasan medis bagi kebiasaan ngompol ini, maka akan ada gejala gangguan kesehatan lainnya misalnya naiknya suhu badan.